Apa Itu Tadarus Alquran. Dikutip dari Majalah Madrasatul Qur an Times Edisi 1: Keutamaan Tadarus Al Quran yang ditulis HM Mujab, MTh, Ph.D, kata tadarus berasal dari kata darasa (دَرَسَ) yang memiliki arti belajar. Kemudian disisipi huruf ta (ت) pada awal kata yang mengubah arti menjadi mempelajari bersama. Artinya: "Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al Quran.".

Kegiatan ini bisa dilakukan karena ada orang lain yang akan menyimak dan mendengarkan bacaan hafalan kita. Tadarus Al Quran dapat dimanfaatkan untuk menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah antar muslim. Interaksi sosial juga dapat membentuk pendidikan akhlaqul karimah, sesuai firman Allah dalam surat Ali 'Imran ayat 164,. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.".

apakah arti tadarus al-Quran

Apa Itu Tadarus Alquran. apakah arti tadarus al-Quran

Tadarus sendiri berasal dari kata darasa-yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji dan mengambil pelajaran. Lalu ketambahan huruf ta’ di depannya sehingga menjadi Tadarasa Yatadarasu, maka maknanya bertambah menjadi saling belajar, atau mempelajari secara lebih mendalam. Semoga Bermanfaat.

Arti Tadarus, Keutamaan, dan Tata Caranya

Apa Itu Tadarus Alquran. Arti Tadarus, Keutamaan, dan Tata Caranya

Akan dikumpulkan bersama malaikat mereka yang rajin bertadarus. Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang mahir membaca kitab Allah kelak akan mendapat tempat di surga, bersama para malaikat yang mulia serta diliputi ketaatan. Sementara orang yang kesusahan dan diliputi keberatan ketika membaca Alquran, maka dirinya mendapatkan dua pahala.". (HR.

Bukhari dan Muslim).

Related Posts

Leave a reply