Kapan Mengucapkan Selamat Idul Fitri. Indeks Berita Utama. Tak terasa kita sudah tiba di penghujung bulan ramadan dan bersiap menyambut Idul Fitri. Oleh karena itu, kami keluarga besar Bapas Pati mengucapkan:. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441H.

Minal Aidin wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.

Ternyata Banyak Orang Salah, Ini Ucapan Selamat Idulfitri yang

Kapan Mengucapkan Selamat Idul Fitri. Ternyata Banyak Orang Salah, Ini Ucapan Selamat Idulfitri yang

Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Pacarpeluk, Megaluh, Kabupaten Jombang dikutip dari nu mengatakan selama ini ungkapan minal ‘aaidiin wal faaiziin dikira bermakna mohon maaf lahir batin. Bagi orang yang mengerti bahasa Arab, walaupun hanya sedikit, pasti akan mengatakan bahwa ini adalah tidak tepat.

Jika kita membaca literature, memang kita menemukan tradisi di kalangan para sahabat Nabi, yakni mengucapkan selamat (tahni’ah) kepada sesama umat Islam yang telah berhasil menyelesaikan puasa Ramadlan. Ada pula yang masih menambahnya “wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair”. Dari sini pula kita sudah tahu kan bahwa ucapan tahniah ini tidak ada sangkut pautnya dengan mohon maaf lahir batin.

Secara sederhana, kita tahu bahwa “aaidiin wal faaiziin” bukanlah kalimat yang sempurna (al-jumlatul mufiidah). Kalaupun itu terlalu panjang, kita bisa menyingkatnya dengan bacaan yang paling populer di kalangan mereka, yaitu “taqabbalallaahu minnaa wa minkum”, bukan mengucapkan minal ‘aaidin wal faizin.". Hal ini bisa kita lacak pada kitab Fathul Bari karya Al-Hafidh Ibnu Hajar al-Asqalani. Beliau mengatakan dalam kitabnya itu, “Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubai bin Nufair, ia berkata: “Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: “Taqabbalallahu minnaa wa minkum.” (Fathul Bari, juz II, halaman 446).

50 Ucapan Selamat Idul Fitri, Inspiratif dan Penuh Kedamaian

Kapan Mengucapkan Selamat Idul Fitri. 50 Ucapan Selamat Idul Fitri, Inspiratif dan Penuh Kedamaian

"Berharap malam segera tiba, barganti pagi penuh doa, menyambut Lebaran bersama keluarga. "Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf, agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf.

"May the magic of this Eid bring lots of happiness in your life and may you celebrate it with all your close friends and may it fill your heart with wonders.". (Semoga di momen hari raya kali ini, Allah memberikan berkah kepadamu dengan kebahagiaan, kesuksesan dan kedamaian.).

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua sebagai hamba-hambaNya yang kembali ke fitrah.".

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H

Kapan Mengucapkan Selamat Idul Fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H

Kami Segenap Keluarga Besar Sentra Teknologi Polimer Mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Ucapan Selamat Pada Hari Raya Idul Fitri Sesuai Sunnah

Kapan Mengucapkan Selamat Idul Fitri. Ucapan Selamat Pada Hari Raya Idul Fitri Sesuai Sunnah

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Salah seorang ulama, Harb mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya ‘ied (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.” Kisah tadi diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah. Di antara hadits tersebut adalah dari Muhammad bin Ziyad, ia berkata, “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya. Diriwayatkan dari Ahmad bahwasanya beliau berkata, “Aku tidak mendahului dalam mengucapkan selamat (hari raya) pada seorang pun.

Namun jika ada yang mengucapkan selamat padaku, aku pun akan membalasnya.” Demikian berbagai nukilan riwayat sebagaimana kami kutip dari Al Mughni[2]. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan, “Adapun tentang ucapan selamat (tah-niah) ketika hari ‘ied seperti sebagian orang mengatakan pada yang lainnya ketika berjumpa setelah shalat ‘ied, “Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahaalallahu ‘alaika” dan semacamnya, maka seperti ini telah diriwayatkan oleh beberapa sahabat Nabi. Imam Ahmad melakukan semacam ini karena menjawab ucapan selamat adalah wajib, sedangkan memulai mengucapkannya bukanlah sesuatu yang dianjurkan.

15 Ucapan Selamat Idul Fitri 2021 Lengkap dengan Gambar

Kapan Mengucapkan Selamat Idul Fitri. 15 Ucapan Selamat Idul Fitri 2021 Lengkap dengan Gambar

Melangkahkan kaki menyempurnakan hari kemenangan, akan selalu dirindukan setiap tahunnya. Semoga kita masih dapat dipertemukan pada Ramadan berikutnya, dengan kesehatan dan kesempatan usia yang Allah berikan.

Untuk itu, izinkan kami meminta maaf atas segala sikap serta ucapan yang tidak berkenan. Sebulan penuh kita berpuasa, mempersiapkan mental dan hati untuk menyambut hari kemenangan. Kini, Idul Fitri telah tiba momen spesial untuk kita saling memaafkan. Itulah tadi kumpulan kata ucapan selamat Idul Fitri lengkap dengan gambar. Baca Juga: Menurut Islam, Ini Penjelasan Hukum Tukar Uang untuk Sambut Lebaran.

Pakai Bahasa Indonesia, David Beckham Turut Ucapkan Selamat

Kapan Mengucapkan Selamat Idul Fitri. Pakai Bahasa Indonesia, David Beckham Turut Ucapkan Selamat

Liputan6.com, Jakarta President and Co-owner Inter Miami FC, David Beckham mengucapkan selamat Idul Fitri bagi Muslim di Indonesia. Beckham berharap masyarakat Muslim bisa merayakan Idul Fitri dengan aman bersama orang-orang tercinta. “Untuk teman-teman di Indonesia, semoga kamu merayakan Idul Fitri dengan aman dan terjaga bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” kata dia dikutip dari akun @aiaindonesia.

Related Posts

Leave a reply