Syarat Sah Shalat Ied Fitri. Salah satu ketentuan salat Idul Fitri adalah dilakukan sejak matahari terbit, sebelum waktu Duhur Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el FitraIlustrasi. Salah satu ketentuan salat Idul Fitri adalah dilakukan sejak matahari terbit, sebelum waktu Duhur.

Berikut tata cara salat Idul Fitri lengkap dari bacaan niat dan doa yang dituturkan langsung oleh pendiri Nahdlatul Ulama Syekh KHR Asnawi. Artinya: Aku berniat salat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta'ala. Posisi ini hampir sama dengan yang dilakukan di rakaat pertama. Apabila jumlahnya kurang tepat atau terlewat, tidak menggugurkan salat id. Setelah salat diakhiri dengan salam, jamaah disarankan untuk mendengarkan khotbah Idul Fitri hingga selesai. Itulah tata cara salat Idul Fitri, semoga bisa menjadi amalan penyempurna akhir Ramadan tahun ini.

Ketentuan Jumlah Jamaah Shalat dan Khutbah Idul Fitri

ومنهم من جوزها بدون اربعين علي هذا القول والا ان خطبتها بعدها وانه لو تركها صحت صلاته. Artinya, “Sebagian ulama mazhab syafi’i membolehkan shalat idul fitri dengan jamaah di bawah 40 orang menurut pendapat ini.

Artinya, “Sebagian ulama mazhab syafi’i membolehkan shalat idul fitri dengan jamaah di bawah 40 orang menurut pendapat ini. Kalau khutbahnya ditinggalkan, maka shalat idul fitri-nya tidak batal,” (Lihat Imam An-Nawawi, Raudhatut Thalibin wa Umdatul Muftin, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz II, halaman 3).

Sulaiman Al-Bujairimi dalam hasyiyatul manhajnya mengatakan, jumlah minimal jamaah shalat idul fitri adalah 1 orang yang mengikuti imam dan mendengarkan khatib. Dengan kata lain, penyampaian khutbah idul fitri tetap sunnah dilaksanakan meski jamaah yang mendengarkannya hanya berjumlah 1 orang.

Syarat dan Rukun Shalat Ied – suduthukum.com

Syarat Sah Shalat Ied Fitri. Syarat dan Rukun Shalat Ied – suduthukum.com

Menurut ulama Syafi’iyah, setelah takbiratul ihram ada yang disebut takbir tambahan. pada raka’at pertama sebanyak tujuh kali.

Sedangkan pada rakaat kedua sebanyak lima kali. Lain.

halnya dengan ulama Malikiyah dan Hanabilah yang menyatakan bahwa pada rakaat pertama. disunahkan takbir sebanyak enm kali dan rakaat kedua lima kali.

Ulama Hanafiyah sebanyak lima. Juz II, Beirut, Dar Al-Fiqr, 1989, hlm.

Cara Melaksanakan Shalat Ied Idul Fitri Serta Rukun Shalat Ied Idul

Syarat Sah Shalat Ied Fitri. Cara Melaksanakan Shalat Ied Idul Fitri Serta Rukun Shalat Ied Idul

INDONESIATRENDS - Shalat ied idul fitri merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan ketika 1 syawal setelah Ramadhan. Melakukan takbir sebanyak tujuh (7) kali pada rakaat pertama dengan membaca "Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar".

Melakukan takbir sebanyak 5 kali pada rakaat kedua dengan membaca "Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar". Baca Juga: Ibadah Apa Saja Yang Harus Dilakukan Saat Lailatul Qadar? Baca Juga: Sudah Tahu Apa Tanda Mendapatkan Malam Lailatul Qadar?

Membaca Al fatihah dan surat pendek yang dipahami. Setelah membaca salam, kemudian mendengarkan khutbah idul fitri.

Semoga kita senantias diberi kesehatan dan kemudaha dalam segala aktivitas yang dilakukan, dan semoga kita diberi ke khusuan dalam melaksanakan shalat ied idul fitri.

SHALAT HARI RAYA BAGI WANITA MUSLIM – Kementerian Agama

Pertanyaan : Apakah di sunahkan bagi wanita untuk melaksanakan shalat ‘id secara berjama'ah di rumah mereka dan salah seorang dari mereka menjadi imam, atau muhrimnya, atau anak kecil yang sudah pandai? Disunahkan bagi wanita yang sudah tua untuk keluar melaksanakan shalat 'Id secara berjama'ah dengan mengenakan pakaian kesehariannya dan tanpa wangi-wangian dan membersihkan tubuhnya dengan air. Maksudnya bagi perempuan genit dan berhias/bersolek maka makruh untuk menghadiri shalat jama'ah ‘Id. Raulullah saw bersabda: “Laranglah wanita kalian memakai perhiasan dan berlagak genit di masjid, Seungguhnya bani Israil tidak dilaknat sampai perempuan-perempuan mereka memakai perhiasan dan begenit ria di masjid.”. Di dalam zamwarij Ibn Hajar Al Hitami berkata: Bahwa sesuai kejelasan hadits-hadist ini perbuatan semacam itu termasuk dosa besar . Sedangkan jika hanya sebuah kehawatiran adanya fitnah maka hukumnya makruh, dan bila dengan beserta dugaan kuat adanya fitnah maka haram hukumnya tapi tidak termasuk dosa besar.

Termasuk dosa besar juga adalah keluarnya wanita tanpa seizin suami untuk keperluan yang tidak mendesak secara syar'i.

Related Posts

Leave a reply