Ayat Alquran Tentang Bersedekah Di Bulan Ramadhan. Insan yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia akan kedatangan bulan Ramadhan. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya.

وأما البخيل : فلا يريد أن ينفق شيئا إلا لزقت كل حلقة مكانها ، فهو يوسعها ولا تتسع. Dari hadits di atas diketahui bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada dasarnya adalah seorang yang sangat dermawan.

Ketiga amalan yang agung ini terkumpul di bulan Ramadhan dan jika semuanya dikerjakan balasannya adalah jaminan surga. Padahal hidangan berbuka puasa sudah cukup dengan tiga butir kurma atau bahkan hanya segelas air, sesuatu yang mudah dan murah untuk diberikan kepada orang lain. Betapa Allah Ta’ala sangat pemurah kepada hamba-Nya dengan membuka kesempatan menuai pahala begitu lebarnya di bulan yang penuh berkah ini.

Namun di bulan Ramadhan ini Allah mudahkan hamba-Nya untuk berbuat kebaikan, sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:.

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Ayat Alquran Tentang Bersedekah Di Bulan Ramadhan. Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Ketiganya hendaknya dapat dilakukan dengan penuh keikhlasan untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Dari keterangan hadits di atas menunjukkan begitu besar pahala sedekah jika dilakukan pada bulan Ramadhan ini, bahkan untuk menyempurnakan puasa, menjelang akhir Ramadhan kita diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah sesuai hadits Dari Ibnu Umar berkata Ra. Terkait zakat, begitu besar pengaruhnya dalam peningkatan perekonomian umat Islam, khususnya bagi penerimanya (mustahik) jika dikelola dengan manajemen yang baik dan modern. Asnaf zakat telah diatur dalam ayat tersebut yaitu sebanyak 8 golongan, namun demikian kiranya asnaf tersebut memerlukan pengkajian lebih mendalam agar segela problematika sosial di masyarakat dapat teratasi. Berbagai regulasi telah dilahirkan untuk mendukung gerakan zakat seperti UU No. 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal, Peraturan Gubernur Nomor 08 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Zakat dan Infak pada Baitul Mal Aceh dan lain sebagainya yang bertujuan tidak lain adalah agar dana zakat dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Baitul Mal sebagai lembaga yang diamanahkan untuk mengelola dana umat ini hendaknya dapat melakukan trobosan-trobosan baru, sehingga betul-betul dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya kepada Baitul Mal Gampong yang secara ex officio diketuai oleh Imuem Gampong yang tidak lama lagi akan mengelola zakat fitrah. Hendaknya lembaga amil yang dibentuk nantinya dapat permanen dalam Baitul Mal Gampong, sehingga dapat menyusun program dan kegiatan yang terencana dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat setempat. Dalam Qur’an Surat Al Munafiqun ayat 10, berbunyi: "Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), 'Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.". Semoga disisa bulan Ramadhan ini dapat kita optimalkan dengan beribadah secara maksimal, khususnya dalam menunaikan zakat dan bersedekah sehingga dapat menjadi syafaat di alam kubur dan akhirat kelak.

Ini Ayat-Ayat Alquran tentang Keajaiban Sedekah

Ayat Alquran Tentang Bersedekah Di Bulan Ramadhan. Ini Ayat-Ayat Alquran tentang Keajaiban Sedekah

Liputan6.com, Jakarta - Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah menurunkan banyak sekali ayat mengenai anjuran bersedekah bagi umat Islam. Selain itu, Allah juga menggambarkan balasan bagi orang yang gemar bersedekah.

Allah berfirman dalam Surat An-Nisa Ayat 114, "Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan sesuatu apa juga yang kamu dermakan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.". Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki.

Perintah dan Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Ayat Alquran Tentang Bersedekah Di Bulan Ramadhan. Perintah dan Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Namun, pada bulan penuh ampunan ini, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik seperti dengan memberi sedekah. Saat membangunkan orang untuk sahur, tentu mereka akan lebih memperoleh energi karena bisa mengisi perut terlebih dahulu sebelum memulai puasa. Saat seseorang melakukan sedekah di bulan ini, maka pahala yang akan ia peroleh bisa berlipat ganda sebanyak 10 hingga 700 kali lipat. Ketika seseorang mengerjakan amal baik di bulan ramadhan, maka ia akan senantiasa diberi limpahan kebahagiaan maupun hati yang lapang.

Sembari menunggu menuju ke akhirat, maka setiap yang mati akan menerima ganjarannya terlebih dahulu di alam kubur. Jika melihat betapa menguntungkannya keutamaan sedekah di bulan ramadhan, maka setiap muslim tentu senang melakukan amal baik tersebut.

Related Posts

Leave a reply