Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah. Solopos.com, SOLO — Berikut ini terdapat doa saat menggelar aqiqah anak yang juga dilengkapi dengan bacaan saat penyembelihan hingga mencukur rambut si kecil. Perlu diketahui, aqiqah merupakan salah satu sunah Rasul yang dilakukan oleh para orang tua untuk anaknya dengan mennyembelih hewan.

Lalu, doa apa yang dibaca ketika menggelar aqiqah dari penyembelihan hingga mencukur rambut bayi? Berikut ini lafal doa lengkapnya, yang bersumber dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU Online).

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Maret 2022 Beserta Lafal Niatnya. Baca Juga: Sebelum Prameks dan KRL, Ada KA Kuda Putih Layani Rute Solo-Jogja. Allaahumma innii u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithaanir rajiim. Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.

Baca Juga: Kenapa Universitas Sebelas Maret Solo Disingkat UNS?

Doa Mencukur Rambut Bayi saat Aqiqah dan Tata Caranya

Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah. Doa Mencukur Rambut Bayi saat Aqiqah dan Tata Caranya

Nah. kalau kebetulan kamu sedang berencana menyelenggarakan akikah.

Berikut adalah bacaan doa mencukur rambut. saat aqiqah serta tata caranya.

Simak informasi lengkapnya di sini ya!

Doa Mencukur Rambut Bayi & Tips yang Harus Parents Perhatikan

Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah. Doa Mencukur Rambut Bayi & Tips yang Harus Parents Perhatikan

Dalam ajaran Islam, mencukur rambut bayi yang baru lahir merupakan suatu anjuran bagi para orang tua. Namun tentu tak boleh asal potong, Parents perlu mengetahui doa mencukur rambut bayi beserta beberapa syaratnya. Selain itu, memberikan nama serta melaksanakan akikah juga termasuk bentuk tanggung jawab para orang tua muslim kepada buah hatinya. “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR.

Melansir laman Rumaysho, ada beberapa aturan yang perlu Parents perhatikan saat hendak mencukur rambut bayi baru lahir. Mengutip laman resmi Nadhlatul Ulama, saat mencukur rambut bayi dianjurkan membaca doa berikut ini.

Agar si kecil tetap merasa aman dan nyaman, Parents dapat menerapkan sejumlah tips saat mencukur rabutnya. Jika hendak menggunduli kepala si kecil sampai pelontos, gunakan cukuran baru yang belum pernah dipakai. Nah, itulah ulasan tentang anjuran melaksanakan akikah, doa mencukur rambut bayi, serta tips yang bisa Parents terapkan.

Doa-doa seputar Aqiqah

Aqiqah adalah sunnah Rasul yang didefinisikan sebagai penyembelihan hewan dalam rangka penebusan seorang anak. Sebab, sebagaimana sabda Nabi saw dalam hadits riwayat Abu Dawud nomor 1522, tubuh seorang anak itu tergadaikan sampai ia diaqiqahi:. "Seorang anak tergadaikan dengan (tebusan) aqiqah yang disembelih untuknya di hari yang ke tujuh, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama.”. Hewan yang disembelih dalam Aqiqoh ialah dua ekor kambing bagi anak lelaki dan satu ekor kambing bagi anak perempuan. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu ‘alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil ‘âlamin. Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah.

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi saat Aqiqah : Okezone Muslim

Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah. Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi saat Aqiqah : Okezone Muslim

BACAAN doa mencukur rambut bayi saat aqiqah lengkap keutamaannya akan dibahas dalam tulisan kali ini. Aqiqah dinamakan dengan sebabnya karena menyembelihnya berarti (يُعَقُّ), yaitu memotong, sedangkan rambut kepala si bayi dicukur pula ketika itu. Dikutip dari laman Rumaysho, perintah aqiqah bayi sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Artinya: "Dari Samuroh bin Jundub, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya, dan diberi nama'.". Doa Meniup Ubun-Ubun Bayi Setelah Dicukur اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm. Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.".

Tata Cara Aqiqah dan Doa Saat Mencukur Rambut Si Bayi

Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah. Tata Cara Aqiqah dan Doa Saat Mencukur Rambut Si Bayi

Hukum Aqiqah Anak. Hukum aqiqah ini berpedoman pada hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah. Yang artinya: " Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ke tujuh, dicukur (rambutnya), dan diberi nama.

Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani dalam kitab al-Irwa' no. Sahabat Dream mungkin banyak yang bertanya tentang kalimat setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya.

Nah, di antara pendapat para ulama adalah anak yang tidak diaqiqahkan lalu meninggal dunia, maka anak itu tidak akan memberi syafaat bagi kedua orang tuanya. Hukum aqiqah anak adalah sunnah muakkad menurut jumhur ulama.

Sedangkan tata cara aqiqah sudah dijelaskan oleh para ulama dengan berdasarkan pada hadis Rasulullah SAW di atas.

Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah

Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah. Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah

BincangSyariah.Com – Disebutkan oleh Ahmad Zacky dalam bukunya Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa, bahwa ketika kita mencukur rambut bayi pada saat aqiqah, maka kita dianjurkan untuk membaca doa berikut;. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Alhamdulillhi robbil ‘alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari. Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi shollallahu ‘alaihi wa sallama wal hamdu lillahi robbil ‘alamina. Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah Saw, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Related Posts

Leave a reply