Lebaran Hari Apa Ya. Artinya puasa Ramadhan hanya tersisa tujuh hari hingga musim merayakan Idul Fitri 1441 H. Ramadhan 2020 memang terasa berbeda di tengah suasana pandemi virus corona atau COVID-19.

PP Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 H melalui metode hisab. Dalam kalender 2020, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1441 H jatuh pada Minggu hingga Senin yaitu 24-25 Mei 2020. Keputusan pemerintah terkait kapan Lebaran atau Idul Fitri 1441 H masih menunggu hasil sidang isbat. Pemerintah dan berbagai unsur lain yang punya kompetensi akan melakukan sidang isbat pada Jumat 22 Mei 2020.

Sidang isbat dilaksanakan dengan protokol kesehatan, sehingga tidak semua pihak harus hadir di Kementerian Agama. Unsur pimpinan ormas bisa hadir melalui aplikasi online untuk meminimalkan kontak dan risiko penularan COVID-19.

Netizen Ramai Bertanya: Lebaran Rabu atau Kamis?

Lebaran Hari Apa Ya. Netizen Ramai Bertanya: Lebaran Rabu atau Kamis?

Banyak yang bertanya-tanya, Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada hari Rabu (12/5) atau Kamis (13/5)? Untuk diketahui, organisasi Islam Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1442 H atau Idul Fitri 1442 H/ 2021 jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Sedangkan Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1442 H pada 11 Mei 2021. "Sidang isbatnya Selasa tgl 11 Mei kalo hasil pengamatannya hilal keliatan berarti Rabu udah lebaran woy siap-siap," kata salah satu netizen.

Sidang isbat selalu diawali dengan paparan mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak). Hilal bisa dilihat setelah terjadinya konjungsi di arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam penanggalan kalender Islam.

Apabila hilal terlihat beberapa saat setelah magrib (qobla ghurub), maka petangnya akan ditetapkan sudah masuk 1 Syawal.

Libur Hari Raya Idul Fitri

Lebaran Hari Apa Ya. Libur Hari Raya Idul Fitri

Tenang saja, masih ada tahun-tahun selanjutnya kok untuk merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman! Meski tanpa mudik, merayakan Lebaran 2022 akan terasa lebih seru jika Anda coba melakukan hal-hal menarik berikut ini!

Sensasi membuka bungkus parsel maupun membagikannya pada orang lain niscaya membuat keseruan Lebaran tetap dapat dirasakan, walau tak mudik. Carilah resep praktis dari situs memasak atau media sosial untuk membuat ketupat serta makanan khas Lebaran lainnya. Nuansa penuh kemenangan pun tetap dapat Anda rasakan, meski jauh dari keluarga di kampung halaman.

Belilah barang bernuansa Lebaran, contohnya pakaian yang bisa dipakai untuk momen hari raya maupun setelahnya. Cukup bermodal smartphone atau laptop yang dimiliki, Anda tinggal memanfaatkan saja sejumlah aplikasi video call. Lakukan video call untuk berbagi kebahagiaan di hari kemenangan, mengucap selamat Lebaran, sekaligus melepas rindu sementara waktu.

Lebaran 2021 Kapan dan Bulan Apa? Berikut Informasinya

Lebaran Hari Apa Ya. Lebaran 2021 Kapan dan Bulan Apa? Berikut Informasinya

Menjelang berakhirnya tahun 2020, sejumlah netizen sudah mencari informasi terkait libur lebaran 2021 untuk menyusun rencana liburan. Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1442 Hijriyah. Sehingga libur Lebaran 2021 akan berlangsung selama delapan hari (Sabtu Minggu 15-16 Mei). Sementara itu, dalam Quran surat Yunus ayat 58 Allah SWT berfirman mengenai perayaan Idul Fitri. Allah berfiman bahwa banyak rahmat dan karunia dalam hari raya tersebut.

Resmi, Ini Tanggal Merah & Cuti Bersama untuk Libur Lebaran Hari

Lebaran Hari Apa Ya. Resmi, Ini Tanggal Merah & Cuti Bersama untuk Libur Lebaran Hari

Setelah mengizinkan mudik Lebaran, pemerintah juga memberikan cuti bersama Hari Raya idul Fitri 1443 H atau tahun 2022. Cuti bersama untuk libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 29 April serta 4-6 Mei 2022.

Presiden menyampaikan masyarakat dapat memanfaatkan tanggal merah dan cuti bersama libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 ini untuk bersilaturahmi dengan orang tua, keluarga, serta handai taulan di kampung halaman. Namun Kepala Negara meminta agar masyarakat selalu waspada selama beraktivitas pada tanggal merah dan cuti bersama libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 karena pandemi Covid-19 belum usai.

Baca Juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Dijual, Ini Tanggal Merah & Libur Bersama Idul Fitri 2022. “Tentunya, pemerintah akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar para pemudik bisa menjalankan perjalanan dengan aman dan nyaman,” tandasnya.

Sebelumnya, pada Rabu (06/05/2022) pagi Presiden Jokowi telah memimpin Ratas mengenai Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1443 H. Seperti diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), di dalam Ratas Presiden meminta jajarannya untuk mempersiapkan mudik Lebaran dengan matang. Itulah daftar tanggal merah dan cuti bersama libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2022. Ingat, agar perjalanan mudik Lebaran lancar, penuhi syarat yang telah ditetapkan, yakni sudah vaksin Covid-19 booster bagi warga usia 18 tahun ke atas.

Lebaran Hari Pertama, KAI Jual 3.000 Tiket KA Jarak Jauh

Lebaran Hari Apa Ya. Lebaran Hari Pertama, KAI Jual 3.000 Tiket KA Jarak Jauh

Menurutnya, kendati bertepatan dengan perayaan Lebaran, pelayanan di stasiun berjalan lancar dan terkendali. Dia menegaskan bahwa selama periode peniadaan mudik 6-17 Mei 2021, operasional kereta api hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang diperbolehkan atau dikecualikan untuk melakukan perjalanan.

KAI terus mengingatkan masyarakat agar memahami syarat-syarat naik KA Jarak Jauh pada masa peniadaan mudik sebelum membeli tiket. "Selain itu kami harapkan calon penumpang yang berkasnya sudah lengkap tidak datang terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan karena ada proses verifikasi berkas terlebih dahulu.

Jika keberangkatan di malam hari, calon penumpang sudah bisa melakukan verifikasi dari siang harinya," jelasnya. Sebagai informasi, selama empat hari sejak diberlakukan larangan mudik oleh pemerintah, KAI telah memberangkatkan 16.971 masyarakat ke tiga kota di daerah Jawa, seperti Semarang, Yogyakarta, dan Tegal.

Selama masa peniadaan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021, KAI mengoperasikan 10 perjalanan KA Jarak Jauh Komersial dan 28 perjalanan KA Jarak Jauh PSO untuk melayani orang-orang yang dikecualikan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah dan bukan untuk kepentingan mudik.

Related Posts

Leave a reply