Niat Shalat Ashar Di Waktu Zuhur. Bagi yang mudik, penting mengetahui tata cara sholat jamak dzuhur dan ashar. Khususnya untuk tata cara sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar, bagaimana langkah yang tepat?

Disebutkan dalam buku Pendidikan Agama Islam: FIkih untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas VII yang ditulis Zainal Mutaqqin MA, cara salat jamak taqdim adalah:. Artinya: Aku berniat sholat ashar 4 rakaat dijama' dengan dzuhur, fardhu karena Allah Ta'aala.

Itulah tata cara sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar sekaligus bacaan niatnya.

Niat Sholat Jamak dan Tata Cara Shalat Jamak

Niat Shalat Ashar Di Waktu Zuhur. Niat Sholat Jamak dan Tata Cara Shalat Jamak

Niat sholat jamak taqdim – Mendirikan shalat merupakan rukun Islam yang diwajibkan oleh Allah SWT untuk dilaksanakan kepada para hamba-Nya. Apabila kita melakukan perjalanan atau mudik, tentu penting untuk mengetahui tata cara sholat jamak dzuhur dan ashar. Dari Anas RA, ia berkata, “Apabila Rasulullah SAW berangkat menuju perjalanan sebelum tergelincir matahari, beliau akhirkan sholat Dzuhur ke waktu ashar. Disebutkan dalam buku Pendidikan Agama Islam: Fikih untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas VII yang ditulis Zainal Muttaqin MA, tata cara shalat Jama taqdim, di antaranya:. Lafal latin: “Ushollii fardhol maghribi thalaatha raka’atin majmuu’an ma’al ‘isya’i jam’a taqdimi adaa-an lillahi ta’aalaa”. Lafal latin: “Ushollii fardlol ‘isyaa’i arba’a raka’atin majmu’ah ma’al maghribi jam’a taqdiimin adaa-an lillaahi ta’aalaa”.

Begitu juga ketika tengah berlibur di pantai atau alam yang sulit menemukan tempat ibadah, shalat bisa dilaksanakan. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa saat bepergian jauh dan berada di kendaraan, shalat tak menjadi penghalang.

Dalam sebuah hadits, Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat Sunnah di atas kendaraan tanpa menghadap kiblat”.

Tata Cara Sholat Jamak dan Qasar Beserta Niat Juga Artinya

Niat Shalat Ashar Di Waktu Zuhur. Tata Cara Sholat Jamak dan Qasar Beserta Niat Juga Artinya

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai umat muslim sholat adalah ibadah wajib yang harus dijalankan. Sholat adalah rukun Islam yang kedua, ibadah itu merupakan tiang agama Islam, dan juga bukti seorang mukmim dan muslim taat kepada Allah SWT seperti pada surat Adz-Dzariyaad: 56. Dalam beribadah Allah SWT tidak pernah menyulitkan umatnya. Salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada umatnya adalah dengan memudahkan pelaksanaan sholat jika sewaktu-waktu seseorang sedang dalam perjalanan jauh/musafir.

Contohnya, dzuhur dikerjakan bersamaan dengan shalat ashar atau sebaliknya. Sementara, waktu subuh, tidak ada jamak, harus disempurnakan. Syarat-syaratnya di antaranya seperti perjalanannya tersebut bukan bertujuan untuk hal yang maksiat.

Syarat-syarat itu harus dipenuhi agar amal sholatnya bisa diterima. Untuk lebih lanjutnya, berikut tata cara sholat jamak dan qasar yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/1/2019).

Related Posts

Leave a reply