Arti Kata Lain Dari Riba. Law of Republic of Indonesia on stipulation of Government Regulation in Lieu of Law (Perppu).

Riba dalam Perspektif Agama dan Sejarah – Kementerian Agama

Dalam pengertian lain, secara linguistic riba juga berarti tumbuh dan membesar. Sedangkan menurut istilah teknis, riba berarti pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara bat}il.

Demikian juga dalam proyek bagi hasil, para peserta pengkongsian berhak mendapat keuntungan karena di samping menyertakan modal juga turut serta menanggung kemungkinan risiko kerugian yang bisa saja muncul setiap saat. Dalam transaksi simpan-pinjam dana, secara konvensional si pemberi pinjaman mengambil tambahan dalam bentuk bunga tanpa adanya suatu penyeimbang yang diterima si peminjam kecuali kesempatan dan faktor waktu yang berjalan selama proses peminjaman tersebut.

Hutang dibayar lebih dari pokoknya, karena si peminjam tidak mampu membayar hutangnya pada waktu yang ditetapkan. Beliau juga menyatakan bahwa semua jenis ini diharamkan secara ijma’ berdasarkan nas} al-Qur’an dan hadis Nabi.”(Az-Zawa>jir Ala Iqtira>f al-Kabair vol.

Para ahli fiqih Islam telah membahas masalah riba dan jenis barang ribawi dengan panjang lebar dalam kitab-kitab mereka. Dalam kaitan dengan perbankan syariah, implikasi ketentuan tukar-menukar antar barang-barang ribawi dapat diuraikan sebagai berikut :. Jual beli antara barang-barang ribawi sejenis hendaklah dalam jumlah dan kadar yang sama. Jual beli antara barang-barang yang bukan ribawi diperbolehkan tanpa persamaan dan diserahkan pada waktu akad, misalnya pakaian dengan barang elektronik.

Riba

Sedangkan menurut istilah teknis, riba berarti pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara batil. Ini dipertegas dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 275: ...padahal Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba.... Pandangan ini juga yang mendorong maraknya perbankan syariah yang konsep keuntungan bagi penabung didapat dari sistem bagi hasil bukan dengan bunga seperti pada bank konvensional, karena menurut sebagian pendapat (termasuk Majelis Ulama Indonesia), bunga bank termasuk ke dalam riba.

Riba Jahiliyyah Utang dibayar lebih dari pokoknya, karena kreditur tidak mampu membayar utangnya pada waktu jatuh tempo. Besar kecilnya perolehan kembali itu tergantung kepada hasil usaha yang benar-benar terjadi dan dilakukan bank sebagai mudharib atau pengelola dana.

“Janganlah engkau membungakan kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan, atau apa pun yang dapat dibungakan.” Kitab Ulangan 23:20 menyatakan:. Para reformis itu antara lain adalah John Calvin (1509-1564), Charles du Moulin (1500 - 1566), Claude Saumaise (1588-1653), Martin Luther (1483-1546), Melanchthon (1497-1560), dan Zwingli (1484-1531). Namun demikian, kalau memberikan pinjaman dengan bunga yang terlalu tinggi, maka telah dianggap berdosa karena melawan keadilan.

RIBĀ DALAM AL-QUR'AN (KAJIAN SEMANTIK TOSHIHIKO

Arti Kata Lain Dari Riba. RIBĀ DALAM AL-QUR'AN (KAJIAN SEMANTIK TOSHIHIKO

Selanjutnya, ribā yang memiliki arti tambahan, di dalam al-Qur’an juga dihadirkan dengan bentuk kata lain. Dari penelitian yang telah dilakukan penulis berkesimpulan bahwa kata ribā memiliki makna dasar bertambah dan tumbuh. Kemudian pada masa qur’anik riba diperkenalkan dengan makna dan bentuk kata yang beragam.

Sedangkan pada masa madaniyah riba diperkenalkan sebagai salah satu penetapan hukum dengan penjelasan yang lebih rinci. Selain sebagai pelarangan sebuah transaksi, kata ribā juga dipahami dalam bentuk himbauanhimbauan berakhlak mulia serta akibat yang harus diterima dari suatu tindakan.

Related Posts

Leave a reply